Sabtu, 26 April 2014

Balada Sang Penghitung Angin

Meskipun kapasitas otak gue yg IQ nya hanya mencapai 114 ini, Alhamdulillah gue bisa masuk SMA Negeri favorit di kota gue. Favorit meeen, favorit.(Yaiyalah favorit, SMA nya aja cuma ada 1) mana pas pembagian jurusan, gue masuk jurusan IPA. (adanya IPA sama IPS aja). IPA 1 malah. Haa haa haa haa *ketawa bangga*
Tapi sebenernya pas di kelas IPA ini, gue ngerasa terkucilkan dari kawan kawan gue. Kenapa ? karena...jujur aja ya, gue ni sebenernya kagak bisa IPA. Mulai BIOLOGI, KIMIA, ampe FISIKA. Haduuh... Pokoke joged lah.
Gue juga gak ngerti kenapa gue gak ngerti ama pelajaran pelajaran IPA ini. mungkin alasannya gini :
1. BIOLOGI
Gue gak ngerti mungkin karena gurunya sih yg gak terlalu gue sukain. Penjelasannya itu gak terlalu jelas dan gak bisa gue cerna. Mungkin metode beliau emang kitanya sih yg suruh mencerna sendiri. Tapi karena kemalasan gue dalam berbagai hal ini, tugas untuk mencerna pelajaran yg harus dicerna itu tidak tercerna dengan baik oleh bagian bagian otak gue yang bertugas untuk mencerna sehingga mengakibatkan pelajaran tersebut tidak tercerna dengan sempurna. (haahaahaa ndais kon mboco cerna cerna ae).
Tapi kadang aku ya nggumun, kok kawan kawan gue bisa mahamin dan dapet nilai bagus dalam pelajaran Biologi ini. Malah pas ulangan, ada yg dapat 90. Woow Amazing.
Hasil ulangan Biologi terbaik gue, 78 (KKM 75)
2. KIMIA
Kalo Kimia sih gak ngerti gara gara guru disekolah gue itu cuma nyatet rumus, jelaskan rumus, kasih soal, muridnya dapat nilai 5,  nyatet rumus, jelaskan rumus, kasih soal, gue nya dapat nilai 5, nyatet rumus, jelaskan rumus,...dst. dst. Ya kira kira begitu lah sirkulasinya. Belajarnya cuma dikelas, trus dikelas, dikelas lagi, habis itu.... Mm.... Dikelas lagi, dikelas terus, dikelas, ..(dikelas dikelas selanjutnya)..dikelas lagi. Gak ada praktek nya. Jadi harus ngira ngira aja sih ngepake rumus rumus Kimia itu gimana. Dan gue belum ngerti manfaatnya apa buat kehidupan rumah tangga gue. Apa iya gue musti ngitung Derajat Ionisasi dari Garam supaya bisa masak sayur lodeh ? Nyari Ksp buat bangun rumah ? kayanya enggak deh.
Hasil ulangan terbaik gue, Gak lambaiin tangan ke kamera.
3. FISIKA
Naaaa ini nih pelajaran yang super beeeeh banget. Fisika. Menyebut namanya aja sudah membuat bulu hidung gue berdiri. (halah).
Pelajaran yg gak gue ngertiin mulai dari kelas 1 SMP sampe sekarang. Kenapa ? gak tau, kalo udah tau mungkin gue bisa jadi ahli fisika. *nyanyi* *impossible*. Tapi ada pepatah mengatakan, Nothing's Impossible. Artinya, tidak ada yang tidak mungkin. Seenggaknya itu yg google translate bilang ke gue. (nyengir jaran). Siapa tau aja gue emang ditakdirin buat jadi ahli fisika kuantum yang akan memecahkan masalah energi di bumi saat ini. Haa haa haa.
Balik ke Fisika. Fisika ni pelajaran yang paling perhatian ama segala macam sesuatu. Dan semua semuanya bisa dijadiin soal, yang Aneh.
Contoh soal Fisika:
Sebuah daun mangga manis legit bermassa 2 kg jatuh dari ketinggian 156 cm. Jika gravitasi ditempat itu = 10 m/s , maka hitunglah:
a. Berapa jumlah sisa daun dipohon ?
b. Berapa waktu yang diperlukan buat daun lainnya jatuh ketanah ?
c. Berapa waktu yang dibutuhkan pemilik pohon tersebut untuk menimpuk kita karena kita dikira maling karena memperhatikan pohonnya terus ?
Kan pertanyaannya aneh ! Orang lari dihitung. Orang nembak dihitung. Durian jatuh dihitung. Bintang dihitung. Kecepatan angin dihitung. Segalanya dihitung.
Bisa gak sih kita ngurusin diri sendiri ? Kita nya belum bener make ngurus ngurusin orang segala. Biarkanlah mereka melakukan urusan mereka sendiri. Biarkan mereka berlari, jatuh, dan main bonekaan secara bebas. *mendadak orasi*
Ya kalo Fisika ini mungkin gak pahamnya gara gara terlalu banyak rumus dan sedikit pahamnya sih.
Hasil ulangan Fisika terbaik gue, Gak remed fisika 3x. (ulangan > 10x)
Selain alasan diatas mungkin gue nya sih yang gak pernah belajar dan terlalu sibuk ama ke'ngangguran' gue. Tapi ya gimana gimana tu tugas pelajar ya harus belajar. Dan sebagai pelajar gue udah gagal buat jadi pelajar. *mewek oenyoe*
Yaaa kira kira begitulah tentang pelajaran IPA yg gue rasain. Banyak gak ngertinya. Tapi ya gimana lagi, kalo gak mau gak naik kelas ya harus bisa semua pelajaran itu. Masa mau gak naik kelas ? Ya gak mau dong. Namanya aja Aji. . . . .