Senin, 18 Juli 2016

Jaketang, Akhirnya Engkau Datang

Akuntansi adalah sebuah jurusan di Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) selain Manajemen Keuangan (Kebendaharaan Negara (KBN) dan Manajemen Aset), Pajak (Perpajakan dan Penilai) dan Kepabeanan & Cukai. Jurusan Akuntansi diberi anugerah kalung berwarna Hijau. FYI, jurusan Akuntansi adalah jurusan dengan jumlah mahasiswa terbanyak ditiap angkatannya, ya, setidaknya fakta itu benar sampe angkatan gue, angkatan 2015. Dan fakta terbarunya adalah untuk angkatan 2016, jumlah mahasiswa Akuntansi hanya sekitar 300an orang, berkurang drastis dibanding tahun-tahun sebelumnya dan bahkan kalah dari jurusan Pajak yang tahun 2016 ini D1 & D3 nya mencapai 2600an orang di seluruh Indonesia, Gils. Beware, Kalung Kuning Everywhere. (Kalung kuning kalungnya pajak).

Nah ngomong-ngomong soal angkatan, Gue adalah mahasiswa angkatan 2015. Jadi angkatan tu secara garis besar, sekelompok orang yang masuk dalam sebuah kuliahan/sekolah yang sama di tahun yang sama. Kan gue angkatan 2015 tuh, nah jadi gue termasuk dalam kelompok orang yang masuk tahun 2015 itu. Bingung ya? Sama gue juga bingung gue ngomong apa :3
Nah di jurusan gue, Akuntansi, kami angkatan 2015 punya nama angkatan sendiri, namanya AKUN15TIM. Not so bad lah ya namanya, but it's awful. lol


Kenapa gue bilang awful? Disitu di tulis TIM, tim harusnya kompak, korsa, akrab, apalah-apalah yang berkaitan dengan kekompakan. Lah ini? Pfffttt. Disuruh apel angkatan aja pada gak lengkap, pasti ada aja yg kurang entah puluhan atau 1 orang. 1 orang itu ya gue. lol
Mana pas awal-awal itu ribut-ribut lagi. Pas nentuin ketua angkatan (Ketang). Lamaaaaa banget sampe akhirnya kita punya ketua angkatan. Tes sana sini, debat sana sini, pidato di apel sana sini, ribut sana sini. Seinget gue, angkatan gue udah mulai buat milih Ketang itu sebelum jurusan lain, tapi, kepilihnya malah setelah jurusan lain punya Ketang duluan. Ya itu, terlalu birokrasi jadi lama.

Ya tapi okela okela kan angkatan baru, ibarat gorengan tu baru ditirisin, masih anget. Harus ditungguin dulu sebentar, biar enak kalo di nikmati. Jadi wajar aja masih belum bisa menggambarkan TIM yang sesungguhnya.

Demi mewujudkan apa itu TIM, angkatan gue sudah mulai melakukan gerakan-gerakan yang bisa menumbuhkan rasa kekompakan gitu-gitu. Ya mulai dari pembuatan Grup Angkatan di medsos, ya walau gak terlalu ngaruh sih ya soalnya yang berkicau orangnya ya itu-itu aja, yang kenal-kenal aja, tapi lumayan lah ya, setidaknya kita bisa dapet sarana buat cari-cari cewek yang bening-bening di angkatan kita :3
Trus, Ketang ngadain Tim Angkatan, jadi itu tim yang terdiri dari masing-masing perwakilan kelas. Kan Akuntansi ini orangnya banyak banget, jadi kemungkinan yang di D.O (Drop Out) itu juga lebih besar daripada jurusan lain, Akuntansi dikenal banyak yang D.O. Maka dari itu, demi menanggulangi D.O yang naudzubillah ini Tim Angkatan bertugas buat ngumpulin soal-soal, bahan ajar, dsb. dari seluruh dosen yang mengajar di jurusan di angkatan gue yang bakal dibagiin ke Angkatan gue, dengan harapan angkatan gue bisa belajar dengan lebih maksimal agar menjauhi D.O. dan mendekati gue :3
Ketang ((katanya)) juga mau ngadain acara-acara angkatan gitu, makanya ngadain kas angkatan buat membiayai acara-acara angkatan, ((katanya)).


Nah, selain gerakan-gerakan diatas, angkatan gue juga melakukan gerakan lain nih biar kompak. Bikin Jaket Angkatan. Kan keren tuh jaketnya samaan. Eh, maksudnya jaketnya motifnya samaan, kalo jaket samaan mah berarti 1 jaket dipake gantian buat 1 angkatan. Etapi kayaknya itu bisa bikin lebih kompak deh yak :3
Kayak angkatan 2015 nya pajak tuh, setau gue program pertama mereka tuh bikin jaket, entah udah kepilih Ketang atau belum yak gue kurang bisa mastiin, tapi yang jelas langsung bikin jaket, pokoknya jaket. Titik. Nah sebegitu pengennya mereka punya jaket dengan motif yang sama, sampe-sampe program pertamanya bikin jaket, it's so important :3

Jadi, angkatan gue mulai lah bikin jaket angkatan. Prosesnya lumayan lama juga sih. Mulai dari sayembara desain jaketang, voting hasil sayembara yang bakal dijadiin jaketang, sama proses bayar membayar.


Nah ini, di sayembara jaket itu sosialiasinya kurang. Mungkin tim jaketang belum terbentuk atau memang kurang sosialisasi gue juga kurang ngerti, tapi yang gue rasain ya memang desain-desainnya itu gak diketahui. Gue cuma liat beberapa desain, tapi tiba-tiba udah kepilih aja desain-desain terbaiknya.

Eleh lu aja kali yang apatis, orang di grup aja rame-rame kok soal desain.

Iya si kali yak :3


Nah abis udah kepilih 3 desain terbaik dari ribuan diseain yang udah kekumpul :3, dilakukin voting deh buat 3 desain itu, nah akhirnya hal ini disosialisasikan dengan baik, jadi ya seluruh anggota angkatan tau desainnya. Trus dari 3 desain itu kepilihlah satu desain dengan hasil voting terbanyak dan berhak di proses untuk jadi jaketang akuntansi 2015. nah tinggal proses pembayaran dan pembuatan deh.

Harga jaketang kami Rp 165.000. Jaketnya bolak balik, jadi dia gak ngekos :3 #ApasihJik
Jadi maksudnya jaket bolak balik itu ada dua desain dalam satu jaket. Keren pisan lah, ((kayanya)).
Pembayarannya di bagi 2 kloter, hal ini dilakukan untuk menghindarkan pem-bokek-an instan karena Rp 165.000 bagi anak kos itu merupakan uang yang sangat-sangat banyak, pokoknya kalo lu punya uang Rp 165.000 di akhir bulan, gue yakin, strata sosial lu udah tergolong tinggi :3
Pembayarannya di kumpulin ke panitia jaketang yang perwakilannya ada di masing-masing kelas.

Nah kloter pertama buat bayar DP (Down Payment = Pembayaran Duluan, bukan Pembayaran Dimuka lho ya karena itu gak sopan :3), DPnya minimal Rp 80.000/mahasiswa. DP terakhir dibayar tanggal 20 Mei 2016, buat disetorin ke vendor/yang bikin jaketang ini katanya, biar cepet dikerjain juga, ((katanya)). Setau gue buat DP, semua kelas bayar tepat waktu kok, Nah mulai bikin dah tu si vendornya.

Tiba di kloter kedua nih buat ngelunasin sisanya, maksimal Rp 85.000 karena DP minimal Rp 80.000, pokoknya jumlah semuanya Rp 165.000/mahasiswa lah ya. Pembayaran terakhir tanggal 3 Juni 2016, tanggal gue ultah nih gaes yang mau ngasih-ngasih kado masih gue terima kok :3
Denger-denger dari temen gue yang ikut jadi panitia jaketang ini, pelunasannya ini gak semua kelas tepat waktu, kalo gak salah ada 9 kelas yang telat bayar.


Oke gue masuk aja ke intinya kenapa gue nulis post ini dari pada terlalu kepanjangan, bisa sampe bikin novel gue ntar.
Jadi gini, sebenernya ada satu proses lagi yang belum gue sebutin, yaitu proses menunggu. #NowPlaying Ridho Rhoma - Menunggu


Sekian lama aku menunggu untuk kedatanganmu

Bukankah engkau telah berjanji kita jumpa disini
Datanglah, kedatanganmu ku tunggu
Tlah lama, telah lama ku menunggu


Yah, sesuai lagunya itu, kita menunggu jaket yang seolah-olah hampir tak pernah datang. jeng-jeng
Pertama, Si vendor bilang bakal nyelesaiin jaket tanggal 8 Juni 2016, kesepakatan awal nih. Tapi (mungkin) karena ada beberapa kelas yang telat bayar, vendor gak bisa nepatin janji buat nyelesaiin perjanjian tersebut. Okela okela salah kami. Tanggal penyelesaiannya pun dimundurin.
Kedua, Si vendor bilang bakal nyelesaiin jaket tanggal 15 Juni 2016. 
Oke kami harus nunggu seminggu lebih lama karena ada beberapa kelas yang telat bayar tadi. Ya bolela bolela masih sepadan. Tapi setelah kami menunggu sampe tanggal 15 Juni 2016 pun jaket kami tak kunjung jadi. What? Tapi kenapa? Gara-gara ada yang telat bayar? Yah okelah, anggap aja sebagai hukuman karena kami melanggar perjanjian. Akhirnya penyelesaian jaket mundur lagi.

Ketiga, Si vendor bilang bakal nyelesaiin jaket tanggal 20 Juni 2016. 
Oke sekali lagi dimundurin, kami yang bakal maju nih. Apa-apaan, Kami telat bayar pun mundurnya gak selama ini, kamvret. Tapi, pas tanggal 20 Juni pun jaketnya tak kunjung datang? WTF? (What The Fendor :3)
Lagi lagi, penyelesaian jaketang di undur lagi dengan alasan yang mulai gajelas.

Keempat, Si WTF bilang bakal nyelesaiin jaket tanggal 25 Juni 2016.
Kondisi angkatan kami udah mulai rusuh nih, chaos. Soalnya udah 2 minggu lebih kami menunggu dan jaketnya pun tak kunjung datang pula. Selain alasan menunggu yang terlalu lama, kondisi kerusuhan ini diperparah oleh libur lebaran yang sebentar lagi bakal terjadi, pulang kampung. Kan keren tuh pulang-pulang pake jaketang. Emang gak bisa dipungkiri, alasan bikin jaketang itu ya buat gaya-gaya, buat pamer ke orang-orang, "Nih, gue anak Akuntansi 2015 PKN STAN coy, PKN STAN". Pada salah hajat kali yak kita jadi pade di azab gini :3
Gak, bukan salah kita, ini salah WTF, ini tindakan Tidak Profesional. Masa iya lama banget dari perjanjian awal tapi tetep gak jadi jadi. Dan you know what? Tanggal 25 Juni 2016 pun jaketang gajadi. Bah cemana ni awak tak bisa pamer jaket di kampung :3

Kelima, Si WTF bilang bakal nyelesaiin jaket tanggal 29 Juni 2016.
Oke ini kesempatan terakhir buat What The Fendor. Soalnya kebanyakan mahasiswa udah pada balik sih tanggal 25an Juni 2016, tapi ada beberapa yang pulkam tanggal 30an Juni, salah satunya gue. Nah, kalo dibagiin tanggal 29 Juni 2016 kan kami yang pulkam tanggal 30an bisa pulang dengan mengenakan Jaketang, bisa pamer di kampung. 
Tapi you know what? Again and again, WTF, What The Fendor so perfakly profesional. Ditanggal 29 Juni pun jaketnya belum selesai dan tau apa yang lebih membahagiakannya lagi? Jaketnya baru selesai 300an, padahal jumlah anggota AKUN15TIM sekitar 600an orang lebih. GILAAKKK, LU NGAPAIN AJA SELAMA INI, KAMVRET? KITA UDAH NUNGGU SELAMA INI LU BARU BISA NYELESAIIN SETENGAH? PADAHAL DIPERJANJIAN LU DAH NYANGGUPIN TANGGAL 8 JUNI SELESE, SAMPE TANGGAL 29 JUNI LU BARU NYELESAIIN SETENGAH? Watafak..
Karena ke Profesialan si vendor dengan tidak menyelesaikan jaket sesuai perjanjian awal, setau gue panitia dan vendor bikin perjanjian baru yaitu mendenda vendor atas keterlambatannya sebesar Rp 300.000/hari terhitung semenjak perjanjian awal selesai yaitu 8 Juni, denda terus berlangsung sampai selesainya jaket. Kurang lebih itu si yang gue tau sebagai orang awam di sini.

Keenam, Si vendor bilang bakal nyelesaiin jaket tanggal 11 Juli 2016.
Dari 8 Juni 2016 hingga ke 11 Juli 2016 gaes? LOL GAES LOL. Gue udah gak terlalu ngepush sih semenjak tanggal 29 itu, soalnya gue udah pulkam juga, udah pasti gak bisa pamer di kampung jadi ya sante aja udah :3
Cuma gue masih sering ngingetin aja sik, supaya semua tetap inget dan sadar bahwa jaketang kita belum jadi dan harus segera dijadiin.


Tanggal 18 Juli 2016 merupakan hari yang lumayan membahagiakan sekaligus mengecewakan buat kami. Membahagiakannya karena hari ini hari pertama kami memulai kuliah lagi dan hari jaketang bisa diambil, mengecewakannya karena hari ini hari pertama kami memulai kuliah lagi dan jaketang yang bisa diambil gak sesuai pesanan, kelas gue kurang 15 jaketnya.
Kata temen kelas gue yang jadi panitia jaketang, dari vendor emang kurang yang dikirim, entah gimana kok bisa gitu, sekali lagi ke-Profesional-an si vendor patut diacungi jempol gaes hmm #sarkasm
Mungkin si vendor asal ngirim-ngirim yang udah jadi supaya ngehindarin denda yang berlaku di perjanjian baru itu, ntar sisanya bakal di kirim belakangan, entah kapan. Mungkin lho ya spekulasi gue aja sih itu.

Dan kau tau apa? Ukuran jaketnya kekecilan gak kaya umumnya jaket. Kaya gue nih, kalo jaket biasanya kan ukuran L itu udah pas lah agak lebih gitu. Nah untuk jaket yang ini, kok malah jadi Ngepress body. Hmm, Jadi berasa sexy gue :3
Nih beberapa testimoni kekecilan dari temen-temen gue



Dan pas gue mau curhat ke grup kelas soal kekecilannya punya gue, Eh, maksudnya kekecilannya jaket gue malah diginiin.
Kamvret emang mereka --
Jadi gitu lah gaes, gue gatau lagi mau ngomong apa buat ngegambarin gimana bahagianya kami menghadapi si vendor ini. Gatau juga sih siapa yang milih nih vendor, tapi mungkin ini bisa dijadiin pelajaran lah buat kedepannya buat lebih berhati-hati dalam memilih pasangan hidup. Eh. Berhati-hati dalam memilih vendor jaketang maksudnya :3
Trus jangan jadi apatis kaya gue :3, yang tinggal terima jadi aja gak ngikut ngurusin. Coba kalo dalam nentuin vendor itu bareng-bareng, mungkin si A punya saran vendor yang bagus disini, si B disitu, si C disana, dst. kan bisa gak ketemu sama si vendor luarbiasah ini. Dan mungkin hasilnya bakal lebih bagus.

Yah, apalah kalo udah terjadi ini. Bisa disesali sih tapi ya jangan. Anggap aja ini sebuah pelajaran buat gak pesen jaket di vendor itu lagi, Eh,  maksudnya buat lebih berhati-hati dalam nentuin vendor kedepannya. Jangan dianggap sebuah kegagalan lah ya. Thomas Alfa Edison (penemu Lampu) pernah berkata
"Saya tidak pernah menemui kegagalan dalam 10.000x percobaan saya menemukan lampu, yang saya temui adalah 10.000 bahan itu tidak cocok untuk dijadikan lampu” 
Nah ngerti kan maksudnya? Ya, lampu ditemuin oleh Thomas Alfa Edison :3 #ApasihJik

Yaudah lah daripada makin gak jelas ntar gue akhirin aja tulisan gue ini. Maaf maaf bila-bila ada kata-kata yang kurang sopan atau umpatan-umpatan yang kurang cocok, iye harusnya nyebutin An*ang *uck Ba*i tuh, ataupun ada kejadian yang terlewat mohon dimaklumi. Ya Namanya aja Aji. . . . .

Oiya gaes sebelum pamitan gue kasih liat Jaket Angkatan Akuntansi PKN STAN 2015
Tampak depan Bolak
bukan kaki gue

Tampak belakang Bolak
bukan kaki gue

Tampak depan Balik

Tampak belakang Balik

2 komentar:

  1. Yang voting vendor? Ada 1 orang cewek yang maksa maksa . Eh bukan terlalu maksa sih tapi menyuruh beberapa orang yang dateng di presentasi vendor2 buat milih vendor itu
    Gue yg waktu itu dateng sih udah mikir kalo bakal gajelas nih entar ujung"nya
    Padahal 2 vendor lain kyknya lebih bagus . Yang 1 bikin jaketang taun kemaren . Yang 1 temen kelas gue dia udah bikin beberapa jaket ukm di Univ gajahmada dan paling nggak kalo ada yg salah kan bisa lgsg komplain .

    Sampek sekarang gue msih nyari tuh cwek :v kalo ketemu pgen gue bilangin ini bikinan cowok yg lu pilih gara gara cakep waktu presentasi vendor :D

    Curhat dikit bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah ternyata gitu, gara-gara ganteng doang angkatan kita di tumbalin bang? hmm

      Jadi penasaran gue gimana gantengnya tuh cowok yang presentasiin WTF (What The Fendor), boleh minta kontaknya gak bang, kali aja cowok itu jodoh gue :3 #Mehong

      Hapus