Minggu, 03 Juli 2016

Espektasi Realita STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) atau yang lebih dikenal sebagai STAN merupakan sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di Indonesia. Dan diantara PTK-PTK lain, STAN bisa dibilang yang terbaik diantara PTK lain. Ini bukan karena gue kuliah disini dan pengen nyombong-nyombongin kampus gue lho ya, tapi ini merupakan fakta dan realita yang benar-benar terjadi. Buktinya, pas angkatan gue, tahun 2015, yang daftar kampus ini 60 ribuan orang, ini karena universitas lain udah pada kuliah (STAN telat pendaftarannya), nah yang diterima sekitar 3500an orang doang. Tahun 2016, pendaftarnya 100 ribuan yang diterima 3600an orang. Bahkan tahun 2007 STAN mecahin rekor muri sebagai universitas dengan pendaftar terbanyak, waktu itu yang daftar 125 ribuan orang dan yang diterima cuman sekitar 2000an orang. Bayangin orang segitu banyak yang daftar dan cuma sedikit yang diterima, membuktikan kalo kampus ini benar-benar yang terbaik. Ya.. Terbaik.. Terbaik dalam menolak pendaftar. lol
Tapi serius gaes, selain karena jumlah peminat yang begitu banyaknya yang karena teriming-imingi sama jaminan buat kerja di Kementerian Keuangan, STAN itu ya sama aja kayak kampus lain. Bahkan mungkin dibeberapa hal malah lebih bagus kampus lain. Iya, serius. Gue ngomong gini ya karena gue udah hampir setaon di kampus ini dan dengan membandingkan dengan cerita-cerita temen gue yang kuliah ditempat lain, STAN tu malah tertinggal. Gue gak ngomongin pendidikannya loh ya, kalo pendidikannya mah gue jamin disini gak kalah dibanding kampus terkenal kayak UI, ITB, UGM dll. ya gak kalah jauh lah minimal. Tapi yang gue omongin tu soal fasilitasnya. Banyak hal yang lo ekspektasiin tinggi, ternyata gak setinggi itu. Ini beberapa hal tersebut:

1. Wi-Fi
Oke, soal Wi-Fi ini harus gue klarifikasi dengan sejelas-jelasnya dan kalian harus menyimak dengan seksama. Sebenernya di STAN ada Wi-Fi, oke, di STAN ada Wi-Fi, sebenernya.
Kenceng gak?
Nah itu dia.
Itu gimana? Lemot yak?
Gak kok.
Sebenernya ada gak sih?
Ada kok, ada :')
Bisa dipake gak?
Ada kok :'
Gak bisa dipake?
Ada kok gaes, ada :' *mewek*
Gue bingung yak, di kampus lain ada Wi-Fi ada, dan bisa dipake gitu. Lah di STAN, sebenernya di setiap gedung perkuliahan itu ada Wi-Fi nya, entah kenapa gak bisa dipake. Ya seenggaknya ada lah ya..
Dari pada perasaan lu ke gue, boro-boro bisa gue milikin elu, perasaan lu ke gue aja gak ada. *Hiks*
2. Kolam
Kalo kalian sering liat foto kolam dengan tulisan STAN yang jadi ikon kampus STAN itu keren, kalian kudu dateng ke situ dan lihat sendiri kayak gimana aslinya.
Sumpah itu kolam? Memang kolam apa yang warnanya ijo? Ijo? Iya ijo! Apalagi itu di dalem kolamnya ada kodok gaes, kodok. Kodok? Iya kodok! Mana gue ngeliat kodoknya ngambang lagi, mati. Bayangin, kodok aja mati gaes, itu kolam atau apa?! Apa kolamnya gak mikirin keluarga si kodok itu, keluarganya bakal sedih dia gak balik-balik, anak-anak dari kodok itu jadi yatim, Astaghfirullah. lol
Di dalem kolamnya juga ada ikan-ikan idup gitu, kayaknya sudah bermutasi mereka jadi masih bisa hidup disitu. Jangan-jangan di dalem kolamnya juga ada anakonda, biawak sama berang-berang deh, udah kayak pedalaman Kalimantan aja itu kolam. lol
Gue curiga deh, kalo sebenernya itu air kolamnya BAB, Bukan Air Biasa. Kali aja pas lu nyemplung kesitu keluar-keluar udah bisa masuk X-Men lu, jadi mutan. En Sabah Nur a.k.a Apocalypse nyemplung disini deh kayaknya makanya jadi jelek gitu. :3
Tapi serius, kolamnya itu kotor. Pernah sih mau ada kerja bakti dari mahasiswa gitu buat nguras dan bersih-bersihin itu kolam, tapi pas ngajuin izin ditolak sama lembaga STAN, katanya sih karena waktu itu lagi kemarau ntar susah ngisi airnya lagi, lagian kalo mau nguras ntar air BAB nya itu mau dibuang kemana?
3. AC (Air Conditioner)
Hidup di Jakarta gitu emang panas, begitupun di Tangerang Selatan tempat STAn berada yang deket sama Jakarta, ya panas juga. Nah, kalo belajar pas kondisi ruangan panas itu bakal ganggu konsentrasi banget kan, disitulah AC sangat berperan demi menyelamatkan hidup kami.
Jika kalian bayangin kalo kampus PTK yang kesohor gini punya per-AC-an yang bagus, kalian salah. Suer, AC itu banyak yang nasibnya kayak si Wi-Fi tadi, ada doang. Di kelas itu berasa kayak di sauna (padahal belom pernah kesauna :3).
Jadi sering saat gue belajar gitu kepanasan gitu, kayak pas ngeliat dia jalan sama yang lain. *Hiks*
Gak semua ruang sih yang AC nya Ada doang, ada juga yang bisa nyala. Tapi kebanyakan yang bisa nyala cuman 1 AC dari 2 AC per ruang, gak dingin lah. Ada sih yang bisa nyala, di Lab. Komputer, dan itu malah over dingin. Itu lu bawa air gak dingin, masuk ruang Lab. Komputer bakal jadi dingin. Udah kayak sikap lu ke gue aja tu ruang, dingin.. dingin banget. *Hiks*.
Nah ada lagi ruang yang AC nya nyala, ruang sholat/Musholla. Jadi ni ruang sering kami manfaatin abis sholat gitu buat leyeh-leyeh nyantai bentar sambil nunggu jam berikutnya. Ke Musholla buat ngadem doang, Astaghfirullah.
4. Musholla
Di poin ke 3 gue nyebutin ruang sholat/Musholla. Ya, ruang. Jadi, di setiap gedung perkuliahan di STAN itu terdapat ruang untuk muslim menjalankan sholat. Kalo lu bayangin ruangannya bakal gede, lu salah. Itu ruang sempit banget. Lu jamaah aja 1 shaf cuma bisa ditempatin 3 orang, bisa juga 4 orang itu pun kalo mepet banget. Palingan cuma bisa 4 shaf sekali sholat dan itu digunakan untuk seluruh mahasiswa muslim yg di gedung tersebut, bayangin ngantri buat sholatnya. Gak jarang juga sih mahasiswa milih buat pergi ke masjid di komplek pemukiman deket kampus daripada ngantri kelamaan.
5. Lingkungan sekitar
Nah di poin 5 gue ada nyebutin komplek pemukiman.
Kalo lu bayangin di dalam pagar STAN itu bakal kayak kampus-kampus lain, gedung-gedung perkuliahan, gedung buat mahasiswa acaraan, lapangan-lapangan olahraga, dll. ya ada di STAN. Tapi ada suatu hal yang gak gue bayangin dan mungkin banyak orang juga ga nyangka, kalo di dalam pagar STAN itu ada sebuah perkampungan, namanya Sarmili dan Kalimangso (lebih dikenal dengan Kalmong).
Di dalam STAN ada kampungnya? Iya kampung gaes, kampung.
Gue pertama masuk lingkungan STAN itu pas lagi nyari kosan, trus ketemu calo gitu promosiin kosan, ya gue yang gak tau apa-apa ya ngikut aja kan ya. Dan lu tau gue dibawa kemana? Ke dalam STAN. Lah gue bingung lah, "Lha kok kedalam STAN?". Eh ternyata emang perkampungannya itu ada di dalam STAN nya.
Di perkampungannya itu emang gak terlalu banyak warga aslinya, perkampungannya itu memang lebih banyak kos-kosan buat mahasiswa gitu, kan anak STAN gak ada dari warga sekitar tuh, paling deket dari kota Tangerang lah dan itupun mereka ngekos gitu.
Di Kalmong itu banyak banget kos-kosan. Ada yang fasilitas lengkap, ada juga yang penting Ada kamarnya. Di Kalmong juga banyak penjual makanan-makanan murah yang ramah di kantong anak kos, bahkan Kalmong ada KFC nya, Kalimangso Food Corner maksudnya :3
Pokoknya buat anak kosan, di Kalmong itu udah lengkap lah aspek-aspek buat anak kos bisa terus hidup di dunia.
Nah kalo Kampung Sarmili ini terkenal sejak dulu kala. Sejak parah sesepuh kayak si kampret Gayus Tambunan, Pak Sudirman Said, Bung Helmi Yahya, dan lainnya disini udah ada Sarmili. Ya walaupun udah agak berubah katanya wajah Sarmili ini.
Gue denger cerita ini dari dosen. Dulu, di sarmili itu banyak banget kambing. Jadi si kambing-kambing ini sering masuk STAN gitu, ke gedung-gedung perkuliahan. Gue curiga deh kayaknya ni kambing-kambing juga pada ngikut belajar disini makanya sekarang mereka udah kagak ada lagi di Sarmili, udah pada penempatan. lol
Ah soal kosan ntar mungkin gue share di post-post selanjutnya aja kali yak soalnya masih banyak yang gue mau sampein deh, kalo gak males juga sih
Sebenernya gue nulis gitu bukan buat jelek-jelekin kampus gue atau gue gabetah disini jadi jelek-jelekin, gue betah banget kok, tapi ya emang gitu kenyataannya. Gue seneng banget bisa kuliah di STAN. Kuliah disini tu keren gaes, pendidikannya keren, bisa kerja di Kementerian Keuangan juga keren banget. Gue cuman mau berkomentar, ya kali aja ntar ada yang baca tulisan ini abis itu STAN jadi lebih baik kan yak. Itupun kalo blog ini masih ada yang baca juga. Emang pernah ada yang baca blog ini? Ada kok, ada :' *mewek*
Ekspektasi itu kebanyakan dari ekspektasi gue sebelum masuk STAN sih dan ternyata realitanya gak sesuai. Ya walau gak semua orang punya ekspektasi kaya gue, ya kayanya itu udah mewakili ekspektasi kebanyakan orang kok. Ya tadi, gue cuman mau berkomentar doang supaya semua orang baca dan mungkin bisa bareng-bareng bikin gerakan buat memperbaiki kampus Ali Wardhana tercinta ini. Ya walahpun komentar gue agak kurang jelas, biarin aja lah ya, Namanya aja Aji. . . . .
Oiya gaes nganu.. jadi ini gue tulis dari aplikasi blogger di android, jadi sorry gabisa ngasih foto atau tulisannya salah-salah ya, Namanya aja Aji. . . . .

2 komentar:

  1. Mantav maas..
    Kolem aja mas yang dikuras, hatiku kapan :"

    BalasHapus
    Balasan
    1. nganu mas.. bukannya gak mau nguras nih, tapi.. duh gimana ya ngomongnya..
      mmm.. emang hati mas ada yang ngisi? *eh

      Hapus