Sabtu, 20 Agustus 2016

Kelas Di Acak

Anak sekolah udah gak asing sama kata-kata kelas di acak. Maksud acak kelas disini bukan berarti kondisi kelas yang rapi diacak-acak lho ya, tapi acak kelas disini berarti murid-murid kelas lama yang naik kelas bakal diacak jadi di kelas lama tersebut orangnya udah beda-beda.
Ini kelas di acak-acak, bukan acak kelas.
Contoh: Andhika, Bams, dan Coeg adalah 3 sekawan yang merupakan murid di Kelas 10A. Karena sekolah mereka menerapkan sistep acak kelas, jadi ketika naik kelas ternyata Andhika ditempatkan di kelas 11A, Bams di kelas 11B dan Coeg tetap di kelas 10A karena Coeg gak naik kelas. #ApaanSihJik. Jadi intinya mereka gak sekelas lagi karena sistem acak kelas tadi.
Kondisi seperti yang dialami Andhika, Bams dan Coeg tersebut sering dialami oleh anak sekolah di Indonesia, karena memang kebanyakan sekolah-sekolah di Indonesia menggunakan sistem ini disetiap tahun ajaran barunya. Tujuan dari sistem acak kelas ini mungkin:
1. Memeratakan kecerdasan, supaya yang cerdas gak ngegerombol di satu kelas doang,
2. Atau malah mengumpulkan orang-orang yang cerdas ke satu kelas biar kecerdasannya gak kecampur dan ketularan sama yang bego-bego.
3. Memperluas pergaulan, supaya dapat temen-temen baru dan memperluas jaringan pertemanan dan kali aja bisa dapet jodoh, Cihuy.
4. Kalau berteman sama yang itu itu aja bakal ada kemungkinan terjadi genk-genk yang negatif.
5. Biar gak jenuh karena ketemu orang yang sama, baik itu buat murid-muridnya, gurunya, dan juga Doi. Karena yang namanya jenuh itu bahaya sob, bahaya. #Curcol

Dari beberapa kemungkinan yang gue sebutin diatas, tujuan acak kelas kayanya memang positif, tapi dari hal positif pasti ada negatif-negatifnya. Seperti yang sudah gue alamin sendiri, karena gue juga ngalamin yang namanya acak kelas ini. Sebelumnya gue mau cerita dulu mulai kapan gue ngalamin acak kelas gini.

Jadi gue mulai tau sistem acak kelas sejak SMP. Kenapa gak dari SD? Karena dulu waktu SD, SD gue di Kalimantan pedalaman #FYI, di sekolah gue yang seangkatan sama gue cuman 15 (Lima Belas) orang dan cuman ada 1 kelas. Jadi untuk dipisah kelas kayanya gak mungkin, karena dalam satu kelas cuman isi 15 orang, kelasnya cuman 1 lagi, mau dipisah gimana lagi Pak Bu. Oke clear ya masalah kenapa gak pernah ngalamin di acak kelas dari SD? Oke lanjut.


Waktu SMP gue baru ngalamin namanya acak kelas. Dulu satu kelas di SMP gue isinya 30an orang dan satu angkatan ada 4 kelas. Jadi memungkinkan buat acak kelas itu. Jadi temen-temen gue pas kelas 7, 8, dan 9 beda-beda. Bukan berarti beda semua lho ya, tapi kebanyakan tiap naik kelas ganti temennya. Tapi ada juga kok yang 3 tahun barengan terus.
Dan waktu SMA gue ngalamin acak kelas waktu di kelas 10 naik ke kelas 11 doang. Karena di SMA gue waktu kelas 11 itu baru ada penjurusan, jadi temen-temen di kelas 10 itu pisah karena mungkin beda-beda jurusan dan mungkin sama jurusannya tapi ditempatin di kelas yang beda.

Dari pengalaman gue soal acak kelas ini apa yang gue dapatkan? Teman baru. Oke gue gak bisa memungkiri kalo gue dapat banyak teman baru dari sistem acak kelas ini. Tapi dari pengalaman gue soal acak kelas ini, gue kehilangan apa? Teman lama. Oke gue gak bisa naif soal hal ini, karena ini memang yang kebanyakan dan pasti terjadi dari sistem acak kelas, lu bakal kehilangan teman lama dari kelas lama. Karena walaupun tujuannya positif, supaya menambah pertemanan, tapi pertemanan lama lu bakal hilang. Maksud gue hilang disini pertemanan lama lu bakal gak sebaik waktu kalian bersama di satu kelas dulu. Ambil aja contoh dari pengalaman gue waktu dari kelas 10 ke kelas 11, yang akhirnya sekelas itu cuman 5 orang, padahal di kelas 10 itu ada lebih dari 30an orang. Jadi, 25 temen gue yang lain kemana? Hilang.

Yang gue maksud hilang itu ya pertemanan kita gak sebaik waktu masih sekelas. Pas masih sekelas itu kami sering bercanda, sering bully-bullyan, sering nyanyi-nyanyi bareng dikelas waktu jam kosong, dan yang lain-lainnya. Tapi begitu pisah kelas, yaudah. Waktu ketemu cuma nyapa doang, mau ngajak main dianya udah sibuk karena punya temen baru dari kelas barunya, hilang kontak, mau ngajakin ngumpul itu udah kaya judul filmnya Tom Cruise, Mission Impossible. Entah ini terjadi sama gue aja atau gimana, tapi yang gue rasain emang gitu kalo acak kelas.

Gue emang gak nyangkal kalo tujuan-tujuan positif dari acak kelas itu benar, tapi ada hal negatif dari acak kelas yang gue rasain. Soalnya kalo udah keburu akrab, asik dan nyaman banget di kelas lama bakal gak enak banget kalo harus dipisahin kan? Nah itu lah yang gue rasain. Tapi gimana-gimanapun, Show must go on, hidup terus berjalan. Dari kehilangan teman karena pisah kelas itu gue masih punya beberapa teman yang walau pisah kelas tapi masih akrab kok, ya walau cuman satu dua orang tapi lumayan lah ya ada yang gak hilang. Eh bentar-bentar, beneran ada gak ya? Hahaha gue gak inget ada pertemanan gue yang gak berubah atau enggak karena acak kelas ini.

Inti dari kenapa gue nulis ini adalah, gue bentar lagi naik tingkat/kelas. Dan di tempat gue kuliah ini nerapin sistem acak kelas, sama kaya kebanyakan sekolah lain di Indonesia ini. Dan you know lah gimana rasanya gimana rasanya keburu akrab, asik dan nyaman banget sama orang-orang dikelas dan harus dipisahin?

Jadi apa yang bisa kita pelajari hari ini?
"Apapun yang terjadi,
Tetaplah berteman"
Mungkin itu yang bisa nyelamatin kita dari yang namanya acak kelas ini. Dan dari ke-gaje-an tulisan gue barusan, gue harap kalian bisa ngambil hikmahnya dan gak mempermasalahkan cara nulis gue, karena cara gue nulis emang jelek, tapi gue harap kalian ngerti maksudnya. Mungkin jelek adalah Jalan Nulis gue (mengacu pada Jalan Ninja Naruto, diubah dikit), Ya Namanya aja Aji. . . . .



I'm so sorry gaes tulisan ini sangat pendek, padahal banyak yang mau gue sampein tapi gue terlalu emosional dan gak tau gimana ngungkapinnya jadi gue harus mengakhiri tulisan ini secepatnya. I already miss you gaes :') #SedihKaloDiceritainMah

2 komentar:

  1. Mau nanya, pendapat kamu tentang yang pinter dibagi rata ke semua kelas gimana ya?

    BalasHapus
  2. Kemampuan anak berbeda beda. Jadi tidak ada anak yang bodoh hanya anak itu dalam artian pemalas, bila yang pintar di bagi atau di ratakan di semua kelas ya kenapa tidak? Malah membantu saja menurut saya,bila di kelas banyak yang lebih pintar nya lebih sulit untuk bersaing karena biasanya mereka ambisius dan rajin

    BalasHapus