Minggu, 14 Agustus 2016

Kenal DOTA

Tahun 2016 ini adalah tahun yang spesial buat gue, karena tahun ini gue mengenal sesuatu yang baru yang selama ini belum pernah gue lakuin sebelumnya. Hal itu adalah Game Online. Pasti akan muncul beberapa pertanyaan, "Waduh, udah zaman apa ini kok baru kenal game online?" atau "Waduh, udah gede masih aja kaya bocah main game online", atau "Waduh, waduh, waduh..", dsb. Eits jangan salah, ada alasan yang sangat penting dan mendasar gue gak pernah main game online sebelumnya. Asal lu tau aja, gue tinggal di Kalimantan, dan bukan di daerah kotanya lagi, jawuuuuh dari yang namanya peradaban. Jangankan jaringan 4G, jaringan Edge aja susah coy. Kalo gue mau nelpon orang kudu keluar rumah, manjat pohon, trus ngangkat-ngangkat hape kaya orang lagi nonton konser. Susah sinyal sob. Jadi ngerti kan alasan mendasar yang sangat penting itu. #SedihKaloDiceritainMah :')
Premis 1: Game Online harus Online.
Premis 2: Online memerlukan Sinyal.
Kesimpulan: Gak ada sinyal, Gak ada Game Online.
Oke? Clear ya clear ya? Gak ah Pantene ajah #ApaanSihJik


Gue gak mainin semua Game Online, gue cuma main satu Game Online doang yang udah gue sebutin di judulnya, Dota 2. Kenapa cuma main satu Game Online ini sih? Kenapa gak main yang lain? Gamenya bagus banget ya sampe gak mau main yang lain? Untuk pertanyaan-pertanyaan itu gue punya jawaban yang simple, laptop gue gak kuat. Kalo laptop gue kuat gue juga mau banget kali main yang lain, buat Dota aja udah maksa banget ini. #SedihKaloDiceritainMah :')

Oke, Ada cerita menarik soal kenalnya gue sama Dota ini, Jadi dulu pas SMA gitu gue udah pernah-pernah denger sih Dota itu adalah Game Online, dan itu berarti Dota udah masuk list salah satu game yang gak pengen gue mainin (Merujuk pada alasan sinyal tadi) bersamaan sama game Point Blank, Lost Saga, CSGO, dan game-gamenya anak warnet lainnya. Tapi waktu itu gue belum tau gimana bentuknya Dota dan kaya gimana teknis mainnya. Kalo Point Blank sama CSGO gue tau lah ya itu game tembak-tembakan, trus Lost Saga itu game gelut-gelutan MMORPG gitu. Tapi Dota itu gimana? Gue gak pernah liat dan gak tertarik juga awalnya.

Baru pas masuk bangku kuliahan ini, gue merantau ke tempat yang lebih beradab (Jawa), dan sinyal ada dimana ini lah gue mulai tau Dota itu gimana. Awalnya gue ngeliat orang main Dota kan, dia cuma ngeklik-ngeklik gitu doang trus teriak-teriak gitu sambil nyampah kata-kata gak jelas, isi kebun binatang keluar semua dah tuh (Tipikal Gamers). Gue pikir, "Apaan sih?"
Kaya gitu tuh, ngeklik-ngeklik doang.

Hingga suatu saat, gue inget banget nih kapannya, gue mulai bener-bener masukin kedalam hati dan seluruh sel-sel di tubuh gue kalo ternyata Dota itu gak sesimple ngeklik-ngeklik trus teriak-teriak doang, Dota lebih dari itu. Nah saat itu temen gue, sebut saja namanya Reyhan Harmen Junior, ngenalin gue sama Dota. Dan lu tau apa? Si kampret ini ngenalin gue Dota pas mau UAS Semester 1. Ya gila aja ya, udah tau kan kalo UAS di kampus gue PKN STAN ini UAS yang paling ngeri lah bisa dibilang dibanding kampus-kampus lain, kalo nilai lu jelek lu D.O. kalo muka lu jelek udah terima aja. #ApaanSihJik.

Jadi waktu itu ceritanya kami lagi belajar bareng buat UAS, trus pas lagi istirahat belajar gitu dia buka baju, eh, maksudnya buka game Dota dan mulai mempengaruhi gue tentang kehebatan game ini. Ya gue kan orangnya mudah penasaran kan ya, jadi gue mulai tertarik tuh sama game Dota ini. Dan saking penasarannya, malam sebelum UAS hari pertama gue download tuh game pake Wifi kosan. Perlu semalaman full buat nyelesaiin downloadnya, soalnya filenya lumayan gede, belasan GB gitu sampe-sampe gue harus manjer laptop gue semalaman gue tinggal tidur buat download nih game. Dan untungnya, pas gue bangun gamenya udah selesai di download jadi gak sia-sia gue nyalain laptop gue semalaman. Dan setelah saat itu lu tau lah, gue mulai nyoba-nyoba mainin. Dan itu pas lagi minggu-minggu UAS. Jadi saat yang lain belajar buat UAS, gue juga belajar sih, tapi belajar ngeDota. Eh, maksud gue gue belajarnya diselingin sama belajar Dota. Yakali gue gak belajar buat UAS, otak pas-pasan gini mau sok-sokan gak belajar. Pokoknya di Kampus PKN STAN ini, mau lu pinter banget atau sedengan aja, lu kudu belajar. Soalnya disini ancaman D.O nya sangat-sangat sangat lah pokoknya. Jadi gimanapun lu harus belajar. Belajar Dota misalnya. lol


Gue inget banget hero pertama yang gue pake itu namanya "Luna". Gue make ini hero karena di menu "Practice" disediainnya ada tiga hero, nah gue milih dia karena dia warnanya biru dan dia yang paling cakep btw. Nah, jadi Dota itu ada skill-skillnya gitu, paling nggak setiap hero itu ada 4 lah skillnya. Nah skillnya mbak Luna ini tu kaya Sailor Moon, "Dengan kekuatan bulan, Datanglah" trus nyanyi "Ayo minum em samsul, datang bulan teratur, hari-hari ku jadi ceria karna em samsul sahabat wanita...", eh sorry kebanyakan nonton iklan, maksudnya "Dengan kekuatan bulan, aku akan menghukummu". Nah mbak Luna ni gitu, ntar kalo di pencet skillnya bakal keluar cahaya-cahaya dari bulan yang bakal ngenain musuh. Nah makanya itu mbak Luna ini dinamain Luna, karena Luna menurut mitologi Romawi itu seorang Dewi Bulan.
Ini nih yang namanya Luna, cakep kan :3
Jumlah Hero di Dota 2 itu 111 (Seratus Sebelas) hero. Setiap hero di Dota 2 ini punya karakteristik sendiri-sendiri. Nahloh mampus segitu banyaknya. Ada yang darahnya tebel jadi kalo ditabok susah matinya tapi biasanya gerakannya gak cepet, trus ada yang darahnya tipis kalo di tabok gampang mati tapi biasanya gerakannya cepet, ada yang naboknya jarak jauh (Range) ada yang naboknya jarak deket (Melee). Trus dibedain juga Role-nya ada yang Carry, Support, Tanker, Initiator, Jungler dan lain-lainnya, karena di Dota itu emang mainnya team, sekali main itu ada 5 vs 5, jadi idealnya dalam satu team itu beda-beda posisinya. Ada yang jadi babu (Support), ada yang jadi pahlawannya (Carry), ada yang jadi sasaran buat ditabokin musuh buat ngelindungin temen-temennya yang lain (Tanker) dan lain-lain lah. Trus ada juga namanya Item, ini yang dipake hero-hero buat nambahin/memperkuat kemampuan si hero itu sendiri. Misal yang darah-darahnya tipis darahnya ditebelin, buat yang larinya lambat biar jadi cepet larinya, atau bahkan yang darahnya tebel makin tebel lagi supaya makin susah ditaboknya, pokoknya lengkap lah. Gue itung-itung di Dota 2 sampai update terakhir (Patch 6.88), jumlah Item itu ada 148 item. Weeeww. Gimana, udah mulai puyeng kan?

Nah kalo belajar sendiri kan gak mungkin tuh bakal jago, ya mungkin sih tapi bakal lama banget. So, gue siasati dengan nonton Youtube pemain pro waktu main Dota. Nonton orang main game, nah gimana tuh? Jadi waktu nonton gue gak sekedar nonton. Gue juga perhatiin cara make hero tersebut, cara beli dan nentuin item mana yang harus dipake karena tiap hero dan tiap kondisi beda item yang dipake, trus aku merhatiin kamu deh. #ApaanSihJik.
Sampe sampe beranda Youtube gue isinya ginian semua.
Gue itu orangnya kalo pengen ikutin sesuatu harus bener gitu gak cuma asal ikut-ikutan, Itulah sebabnya gue gak main game yang lagi populer saat ini, Pokemon GO. Karena, sorry to say ya, kebanyakan yang main Pokemon GO itu cuman ikut-ikutan tren doang, bahkan kebanyakan dari mereka gak tau Pokemon selain Pikachu tapi udah sok-sokan main Pokemon. Gue orangnya harus tau dulu gimana sesuatu itu baru gue bisa suka. Buktinya sekarang banyak dari mereka yang udah gak main lagi, karena apa? Ya karena cuman asal ikut-ikutan tren itu aja. Gue gak mau cuma gara-gara tren Dota gue main Dota dan gue gak mau berhenti main Dota cuman gara-gara itu game gak ngetren lagi. Gue pengen jadi gamer yang lebih terhormat dari itu. Heleh ngomong apa gue barusan. lol

Trus ada lagi ni yang bikin Dota ini  emang bener-bener game hebat. Dota punya Piala Dunianya sendiri. Yoi coi kaya sepakbola gitu. Tapi ini konteksnya dari Team, bukan atas nama negara walau ada juga sih yang bawa negara. Nama eventnya itu THE INTERNATIONAL. Jadi The International itu turnamen terbesar di Dota, bahkan yang terbesar di ranah E-Sport (Electronic Sport, Dota terhitung sebuah olahraga btw). The International pertama kali diadain tahun 2011 dan masih diadain tiap tahun sampai sekarang. Nah kenapa bisa jadi yang terbesar? Hadiahnya itu coooyy. Tahun 2011 aja hadiahnya untuk juara 1 sebesar US$ 1.000.000. Gila gila gila. Gak pernah ada pertandingan game yang hadiahnya segede ini.

Nah tahun ini juga gue bisa ngerasain gimana euphorianya turnamen terbesar ini, kebetulan tahun 2016 ini diadain The International 6. Dan lu tau apa kampretnya? Event ini diadain bersamaan sama UAS Semester 2 gue. Kampret gak tuh, disaat lu lagi seneng-senengnya, lu malah dijauhin kaya gini. #Curcol. The International 6 ini total hadiahnya itu fantastis banget, sekitar US$ 20.000.000 yang dibagiin buat 16 team yang bergabung sesuai dimana mereka gugur dibabak PlayOff. Juara pertama tahun ini Wings Gaming dapat US$ 9.139.002, Runner-Up Evil Geniuses dapat US$ 3.427.126, trus tempat ketiga Digital Chaos dapat US$ 2.180.898. Dan seterusnya sampe tim yang pertama kalah pun dapat hadiah US$ 103.852. Gimana? Masih punya pemikiran kaya pemikiran terdahulu gue kalo main Dota cuman ngeklik dan teriak-teriak doang?

Jadi, apa yang bisa kita pelajari hari ini?
"Jangan melihat sesuatu hanya dari yang kamu lihat. Terkadang yang terlihat tidaklah sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya"

Dan sekarang gue harus mengakhiri post gue kali ini. Di post ini gue gak niat pengen ngajarin, menggurui, share tips n trik, atau apalah apalah soal Dota. Gue cuma pengen ngeshare pengalaman gue mengenal Dota. Jadi daripada makin gajelas, gue akhirin aja.
Ceritanya kurang jelas? Ya bodo amat sik, Namanya aja Aji. . . . .

5 komentar:

  1. Balasan
    1. Nggak ngerti maksudnya sih mbak,
      Tapi mm.. iyain aja deh, lumayan dapat hati <3
      #Jomblo

      Hapus
  2. Balasan
    1. tapi post yang ini lagi gak ngelucu mas .-.

      Hapus
  3. yuk ramaikan server discordku. https://discord.gg/TXemPaa buat gamer cs:go/paladins/mmorpg yang ingin voice chat pakai channel private
    anak stan/alumni very welcome. others also welcome. we need shitposter with dank meme too 😀

    BalasHapus