Selasa, 27 Juni 2017

Penerimaan Orang Dalam

Tempat kuliah gue adalah tempat kuliah yang keren. Ya gak keren-keren banget sih. Tapi ya keren lah. Udah kuliahnya gratis, fasilitasnya ADA(?) dan jaminan kesempatan kerja yang lumayan banget membuat gue jadi mencintai kampus ini dalam artian harfiah. Sebab itu gue ingin berkonstribusi langsung untuk kampus salah satunya dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada dikampus, misalnya kepanitiaan dari acara-acara yang diadakan di kampus ini. Walau gue gak pernah ikut kegiatan dan/atau kepanitiaan apapun itu sebelum-sebelumnya, tapi gue pikir dimasa kuliah gue ini gue pengen ngelakuin hal yang bermanfaat sekali-kali, ikut organisasi atau kepanitiaan gitu. Ya kalo organisasi kayanya enggak sih ya, soalnya kaya terikat, perlu komitmen yang kayanya gue belum shanggup buat ngejalaninnya dan gue orangnya kadang suka sibuk dengan dunia sendiri (read: mageran), jadi gue lebih prefer ikut yang kepanitiaan. Toh terikatnya cuman sebelum acara sama pas acara berlangsung, kalopun setelah acara ya paling buat pertanggung jawaban gitu, trus kelar.

Gue beranikan diri buat daftar salah satu kepanitiaan. Waktu itu kepanitiaannya buat acara pengenalan kampus (bukan ospek) buat mahasiswa/mahasiswi baru gitu. Gue siapkan Curriculum Vitae (CV) terbaik dari semua CV yang pernah gue bikin. BTW, sebelumnya gue belom pernah bikin CV sih hehe. Tapi untuk yang satu ini gue niatin buat bikin CV sampe gue ngelakuin riset di dua dunia (read: googling dan nanya temen). Singkat cerita gue kumpulin tuh CV, trus wawancara deh. 

Salah satu temen gue ada yang bilang "Tadi yang ngewawancara gue seorganisasi sama gue tuh", Okay.. Wait! What?!

Dan bener aja, entah kebetulan atau gak, pas hasil wawancaranya keluar, temen gue berhasil jadi panitia, dan gue kagak. Orang dalam? 

Bukan fakta dengan bukti otentik, tapi banyak yang ngomongin tentang orang dalam ini dan seolah udah jadi rahasia umum, ya fakta juga sih jadinya. Ada beberapa kasus yang gue tau/pernah denger desas desusnya. Gue cuma menggunakan metode keterkaitan soal hal-hal berikut, tapi masuk akal juga.

Contoh, yang diatas, kenalan di organisasi lain, bisa diterima di kepanitiaan. Ya gue gak ngatain kalo dia keterima cuma karena punya kenalan orang dalam dan gak punya kemampuan yang memadai, tapi gak salah juga dong kalau gue berpikir demikian. 

Contoh lain,  temen gue ada yang keterima jadi anggota di salah satu organisasi, di bidang seni. Padahal waktu itu, oprec sudah habis masanya, tapi dia keterima (closerec). Kebetulan, dia punya temen yang jadi ketua bidang seni periode sebelumnya, yang berarti yang ngadain penerimaan adalah temennya sendiri. Gue juga gak nuduh dia keterima karena orang dalam, tapi bukankah Ada kaitan?

Ada lagi yang gue kurang srek, soal panitia ujian saringan masuk (usm), kampus yang ngadain. Selama gue kuliah di sini,  sudah mengalami 2 kali seleksi buat panitia usm ini. Dan selama 2 kali seleksi juga, setau gue, seleksi nya itu acak. Jadi yang perlu kalian lakukan buat jadi panitia usm hanya daftar dan berdoa agar keberuntungan berpihak sama kalian, tanpa wawancara, CV, gitu gitu, totally random. Trus kan usm tu ada beberapa rangkaian, tiap tiap rangkaian itu ada seleksi kepanitiaannya masing masing, nah kamvretnya, yang sudah keterima jadi panitia dirangkaian sebelumnya bisa jadi panitia di rangkaian selanjutnya, malah di prioritaskan. Ini niat awalnya mau one man, one event biar menumbuhkan tingkat partisipasi mahasiswanya atau gimana gue juga gak ngerti.

Tapi dari semuanya itu ya gue gak nyalahin closerec, karena closerec ya gak sepenuhnya salah juga. Kan ada beberapa orang yang memang punya kompetensi lebih dibanding yang ikut openrec dan mungkin acara/organisasi bakal berjalan kurang maksimal jika gak ada orang itu. Tapi kan yang ngadain closerec ya manusia juga, punya kehidupan sosial, punya kenalan, punya temen di dunia diluar keorganisasian, yakin yang dipilih itu bukan kenalannya? temennya? Subjektifitasnya sangat tinggi sekali kalo boleh gue bilang.

Ya pada akhirnya, punya relasi itu sangat penting, itulah kenapa penting buat ikut organisasi atau kepanitiaan, buat nambah teman, pengalaman dan hal lainnya. Tapi gak gitu juga sih cara kerjanya. Kalo selama kuliah aja diajarin istilah closerec, pake orang dalam, jangan salahin Indonesia bakal memiliki gayus, hanya saja dengan nama yang berbeda dikemudian harinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar